'/> Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik

Info Populer 2022

Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik

Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik
Apa Yang Dimaksud Dengan Gelombang Ultrasonik, Infrasonic Dan Audisonik
Serba definisi kali ini akan menengahkan pembahasan perihal pengertian dari gelombang ultrasonik, gelombang audiosonik dan gelombang infrasonik.

Dalam kehidupan sehari-hari ketika kita berkomunikasi, kita mengeluarkan kata-kata. Kata-kata yang kita ucapkan tersebut menghasilkan gelombang bunyi atau suara, sehingga lawan bicara kita sanggup mendengarkan dan mengerti apa yang diucapkan. Hal ini disebabkan lantaran bunyi tersebut masih bisa didengar oleh indera pendengaran manusia, adakalanya bunyi yang tidak sanggup didengar oleh indera pendengaran insan lantaran frekuensinya tearlalu tinggi atau lantaran frekuensinya terlalu rendah.

Oleh lantaran itu, disini kita akan mengupas definisi dari gelombang ultrasonik, audiosonik dan gelombang infrasonik.


Gelombang Ultrasonik

Gelombang Ultrasonik yaitu gelombang yang menghasilkan bunyi dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh indera pendengaran manusia. Frekuensi dari gelombang ultrasonik ini berada di atas 20.000 Hertz (20 kiloHertz).

Beberapa binatang yang sanggup mendengar bunyi ultrasonik yaitu : kelelawar dan lumba-lumba.

Kelelawar memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik sebagai alat untuk mengetahui posisi kuliner dan benda-benda pada ketika terbang. Sehingga kelelawar sanggup terbang tanpa menabrak dan dengan gampang menemukan makanan. Kelelawar bisa menghasilkan gelombang bnyi ultrasonik dengan frekuensi 100.000 Hz.

Lumba-lumba memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik untuk berkomunikasi. Dengan memanfaatkan gelombang bunyi ultrasonik,lumba-lumba sanggup saling berkirim pesan walaupun terpisahkan oleh jarak lebih dari 220 km. Dan lumba-lumba pun sanggup berkomunikasi untuk menemukan pasangan dan saling mengingatkan akan datangnya bahaya.

Manfaat Gelombang Bunyi Ultrasonik

Berikut ini yaitu beberap manfaat dari gelombang bunyi ultrasonik :
  • Bidang Kesehatan
    Pemanfaatan gelombang bunyi ultrasonik sanggup dipakai untuk melihat organ-organ dalam badan manusia, menyerupai dalam mendeteksi tumor, hati, liver, memeriksa otak dan menghancurkan betu ginjal. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk USG (ultrasonografi).
  • Bidang Industri
    Di bidang industri sanggup dimanfaatkan untuk :
    • mendeteksi keretakan pada logam
    • meratakan adonan susu biar homogen
    • meratakan adonan besi dan timah
    • mensterilisasi kuliner yang diawetkan dalam kaleng
    • membersihkan benda benda yang sangat halus.
    • dapat juga dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan mineral maupun minyak bumi yang tersimpan di dalam bumi.
  • Dalam bidang pertahanan
    Dalam bidang pertahanan gelombang ultrasonik dimanfaatkan  :
    • Sebagai radar atau navigasi.
    • Digunakan untuk detektor di dalam air. 
    • Gelombang ultrasonik dipasang pada kapal pemburu untuk mengetahui keberadaan kapal selam.
    • Gelombang ultrasonik juga dipasang pada kapal selam untuk mengetahui keberadaan kapal yang berada di atas permukaan air. 
    • untuk mengukur kedalaman palung laut
    • mendeteksi ranjau, 
    • menentukan posisi sekelompok ikan.

Gelombang Infrasonik

Gelombang infrasonik yaitu gelombang yang memiliki frekuensi di bawah jangkauan indera pendengaran manusia.  Frekuensi dari gelombang infrasonik ini berada di dibawah 20 Hertz. Makara disini, gelombang infrasonik juga tidak sanggup kita dengar (sama halnya dengan gelombang ultrasonik).

Ada hewan-hewan tertentu yang sanggup menangkap gelombang infrasonik, sehingga ketika terjadi gempa binatang tersebut sudah sanggup mendeteksinya dan mencari daerah yang lebih aman. Beberapa binatang yang sanggup mendengar bunyi infrasonik antara lain jangkerik dan anjing.

Gelombang Audiosonik

Gelombang audiosonik yaitu gelombang bisa didengar oleh pendengaran insan dan sebagian besar binatang.Gelombang ini memiliki frekuensi antara 20 hingga 20.000 Hz.
Advertisement

Iklan Sidebar