'/> Pengertian Budaya Beserta Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Macam-Macam

Info Populer 2022

Pengertian Budaya Beserta Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Macam-Macam

Pengertian Budaya Beserta Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Macam-Macam
Pengertian Budaya Beserta Ciri-Ciri, Unsur-Unsur Dan Macam-Macam

PENGERTIAN BUDAYA – Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya daerah. Hampir setiap tempat di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak mempunyai budaya sendiri-sendiri dan berbeda-beda antara satu sama lain. Karena alasannya ini Indonesia mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.


Meskipun terdiri dari banyak budaya yang berbeda, tetapi Indonesia tetap tenang karena saling menghargai dan menghormati antara satu dengan lainnya. Budaya merupakan bahasa yang diambil dari bahasa sansekerta yaitu “Buddhayah”. Kaprikornus secara bahasa pengertian budaya artinya segala sesuatu atau semua hal yang bekerjasama dengan logika dan kebijaksanaan manusia.


Secara harfiah suatu budaya sanggup diartikan sebagai cara hidup yang terdapat pada sekelompok masyarakat dan diwariskan yang secara turun temurun kepada generasinya. Itulah beberapa pengertian budaya yang dilihat secara bahasa dan harfiah.


Sedangkan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), budaya yaitu suatu pemikiran, adab istiadat, atau juga logika budi. Budaya dan kebudayaan dari kata yang sama, hanya saja kebudayaan mempunyai arti yang lebih cenderung ke cara berpikirnya manusia.


Selain pengertian tersebut, ada beberapa pengertian budaya berdasarkan para ahli, jadi apabila anda masih galau dan masih butuh penjelasan, maka simaklah pengertian budaya dari para andal berikut ini.



Pengertian Budaya Menurut Para Ahli


 Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya tempat Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam
handisetyadi.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada banyak yang pengertian budaya. Diantaranya yaitu yang sudah dijelaskan di atas, yaitu pengertian atau arti budaya berdasarkan bahasa, harfiah dan KBBI. Banyak yang mengartikan arti kata budaya ini, menyerupai para andal di bawah ini.


Pengertian Budaya Menurut Effat Al-Syarqawi


 Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya tempat Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam
procal.co

Mendefinisikan budaya dengan sudut pandang Islam, sesungguhnya budaya khazanah sejarah dari sekelompok masyarakat dan tercermin pada kesaksian serta suatu nilai kehidupan yang mempunyai makna dan tujuan batin atau rohaniah.


Pengertian Budaya Menurut Parsudi Suparian


 Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya tempat Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam
okezone.com

Mendefinisakan atau mengartikan budaya sebagai pengetahuan insan yang secara keseluruhan digunakan untuk mengerti dan juga memahami lingkungan serta pengalaman yang terjadi pada manusia.


Pengertian Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara


 


Mendefinisikan budaya sebagai hasil usaha masyarakat atau insan terhadap alam dan zaman yang sanggup menandakan kemakmuran dan kejayaan hidup masyarakat atau insan dalam menyikapi dan menghadapi kesulitan serta rintangan semoga mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, serta kebahagian pada hidupnya.


Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat


Mengartikan budaya sebagai sebuah sistem atau gagasan serta rasa, suatu tindakan dan karya yang dihasilkan insan pada kehidupannya secara bermasyarakat yang dijadikan kepemilikan dengan belajar.


Pengertian Budaya Menurut Kluckhohn dan Kelly


Mendefinisikan budaya sebagai segala konsep hidup insan yang terbentuk atau tercipta secara historis, baik yang implisit ataupun yang eksplisit, rasional, irasional, yang terdapat pada suatu waktu, sebagai teladan yang potensial bagi tingkah laris seseorang atau manusia.


Pengertian Budaya Menurut Jensen dan Trenholm


Mendefinisikan budaya sebagai suatu seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adab istiadat, serta aturan dan kode.


Pengertian Budaya Menurut E.B. Taylor


Mengartikan atau mendefinisikan budaya sebagai suatu keseluruhan yang kompleks menyertai kepercayaan, seni, hukum, kesusilaan, adab istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lain-lain yang sering dipelajari insan sebagai suatu bab dari masyarakat.


Pengertian Budaya Menurut Geert Hofstede


Mendefinisikan budaya sebagai suatu pemograman bersama pikiran yang membedakan anggota-anggota kelompok satu dengan kelompok lainnya.


Pengertian Budaya Menurut Linton


Mendefinisikan budaya yaitu suatu keseluruhan mencakup sikap, pola perilaku, dan pengetahuan yang mana suatu kebiasaan yang sudah diwariskan serta dimiliki suatu anggota masyarakat tertentu.


Pengertian Budaya Menurut Edward T Hall


Mendefiniskan atau mengartikan budaya yaitu suatu komunikasi dengan komunikasi yaitu budaya.


Pengertian Budaya Menurut Selo Soemardjan


mengartikan bahwa dalam merumuskan sesuatu yadan mengartikan bahwa kebudayaan yaitu hasil semua karya, rasa, serta cipta masyarakat.


Itulah para andal yang mendefinisikan atau mengartikan arti dari kata budaya. Selain perlu memahami pengertian budaya, unsur-unsur budaya juga penting untuk kita ketahui dan pahami. Oleh karena itu, pada artikel ini juga melampirkan atau menjelaskan unsur-unsur dari budaya.


Unsur-unsur Budaya


 Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya tempat Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam
jagogeografi.blogspot.co.id

Ada beberapa unsur-unsur budaya yang perlu kita ketahui, unsur-unsur budaya ini merupakan pendapat dari para ahli. Untuk lebih jelasnya berikut yaitu pendapat-pendapat para andal wacana unsur-unsur budaya.


Pendapat Melville J. Herkovits


Menurut pendapat Melvin J. Herkovits, ada 4 unsur budaya dalam suatu budaya, yaitu:



  • Alat-alat Teknologi.

  • Kekuasaan Politik.

  • Sistem Ekonomi.

  • Keluarga.


Pendapat Bronislaw Malinowski


Menurut pendapat Bronislaw Malinowski, ada 4 unsur utama di dalam suatu budaya, yaitu:



  • Otganisasi Ekonomi.

  • Sistem Norma Sosial.

  • Alat-alat atau Lembaga.

  • Organisasi Kekuatan.


Pendapat C. Kluckhohn


Menurut pendapat C. Klukckhohn, ada 5 unsur di dalam suatu budaya yang bersifat universal, unsur tersebut yaitu:



  • Sistem Pengetahuan.

  • Sistem Kesenian.

  • Sistem Religi.

  • Sistem Teknologi dan Peralatan.

  • Sistem Mata Pencaharian Hidup.


Dari keseluruhan pendapat tersebut, kita sanggup menyimpulkan bahwa secara umum unsur-unsur budaya yaitu sebagai berikut.



  • Perilaku-perilaku Tertentu.

  • Gaya Berpakaian.

  • Adat Istiadat.

  • Kebiasaan-kebiasaan.

  • Kepercayaan.

  • Tradisi.


Demikian pembahasan dan klarifikasi wacana unsur-unsur budaya, jadi kesimpulan dari semua pendapat para ahli, terdapat 6 unsur budaya. Maka suatu kelompok atau masyarakat sanggup dikatakan mempunyai budaya sendiri apabila memenuhi unsur-unsur budaya tersebut.


Ciri Ciri Budaya


 Indonesia yaitu sebuah negara yang kaya akan budaya tempat Pengertian Budaya Beserta Ciri-ciri, Unsur-unsur dan Macam-macam
rezadicky.blogspot.co.id

Untuk mempermudah mengenalinya kita sanggup mengetahui dan memahami ciri-ciri budaya. Apa saja ciri-ciri budaya tersebut? Berikut yaitu ciri-ciri budaya yang perlu anda ketahui.



  • Budaya sanggup disampaikan melalui orang ke orang, kelompok dan kelompok, serta generasi ke generasi.

  • Budaya berdasarkan atau sesuai dengan simbol.

  • Budaya seharusnya dipelajari bukan hanya untuk bawaan.

  • Budaya mempunyai sifat selektif, artinya mempresentasikan pola hidup insan atau pola-pola sikap insan dalam pengalaman yang bersifat terbatas.

  • Budaya mempunyai sifat dinamis, artinya sanggup berubah selamanya atau sepanjang waktu.

  • Antara unsur budaya yang satu dengan lainnya berkaitan.

  • Merasa Budayanya sendirilah yang paling baik/Etnosentrik.


Macam Macam Budaya


Berikut ini yaitu banyak sekali macam-macam budaya atau kebudayaan di dunia yang ada baiknya kita ketahui :

Berdasarkan pendapat  Roy T. Cogdell dan K.S. Sitaram kebudayaan dunia dalam lima kategori.



  1. Budaya Timur yang sudah terdominasi oleh agama Buddha  serta Hindu.

  2. Kebudayaan Afrika

  3. Kebudayaan orang kulit gelap Amerika

  4. Kebudayaan Barat (orang kaukasia yang sudah usang menetap di wilayah Eropa dan Amerika

  5. Kebudayaan Islam


Fungsi Kebudayaan


 


Fungsi kebudayaan yang paling utama yaitu adanya kesempatan untuk berguru warisan yang diturunkan oleh para nenek moyang kita, warisan itu baik kita Jaga atau pertahankan dan diupgrade atau sanggup pula kita tinggalkan bilamana merusak.


Budaya serta unsur-unsur yang ada padanya terikat dengan waktu dan tidaklah suatu  kuantitas yang statis. Seiring waktu Budaya akan senantiasa berubah, baik lambat ataupun cepat.


lambat tidaknya suatu perubahan itu sanggup terjadi tergantung dengan seberapa besar kekuatan kebudayaan tersebut dan juga seberapa jauh intensitas interaksi dengan budaya yang lain.


Suatu budaya atau kebudayaan yang tergolong lemah contohnya minoritas menyerupai komunitas yang tingkat keyakinan dirinya kurang karena sebelumnya sudah mengalami penjajahan dari bangsa lain atau melaksanakan interaksi dengan kebudayaan yang lebih dominan, besar lengan berkuasa dan maju kedepannya sanggup mengalami perubahan yang cepat karena adanya imbas budaya dari luar.


Perihal tersebut sanggup kita temukan pada budaya Indonesia yang selalu cepat perubahannya karena sudah mendapat imbas dari budaya barat.


Bisa kita lihat dari Budaya Indonesia yang senantiasa cepat mengalami perubahan alasannya sudah dipengaruhi oleh adanya budaya barat.


Lalu juga sebaliknya, komunitas budaya yang mempunyai intensitas komunikasi yang kurang dengan budaya luar hal tersebut seiring waktu akan ada perubahan contohnya sama halnya yang sudah dialami oleh kebudayaan suku Eskimo yang tinggal di kutub Utara, Suku aborigin di Australia, Suku Amish yang asalnya dari Amerika dan yang terakhir Budaya Suku Baduy yang ada didalam jawa Barat.


Demikian klarifikasi wacana pengertian budaya, serta unsur-unsur budaya dan juga ciri-ciri budaya. Semoga artikel ini sanggup membantu anda yang sedang mencari warta seputar budaya.


Advertisement

Iklan Sidebar